5 Langkah Mengurus Buku Tabungan Hilang
By: Date: July 27, 2020 Categories: Bisnis
jasa pembuatan aplikasi android tangerang selatan

jasa pembuatan aplikasi android tangerang selatanMobile Banking Mandiri Syariah – Sebaiknya, buku tabungan yang hilang segera diurus di kantor cabang bank agar tidak disalahgunakan orang lain.

Ketahuilah bahwa buku tabungan berguna untuk berbagai urusan administrasi, yaitu sebagai lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan pinjaman, pengajuan kredit, rekonsiliasi rekening, dan lainnya.

Tidak mengherankan jika buku ini ternyata penting, ya, jadi memang harus ditindaklanjuti jika hilang.
Syarat mengurus buku tabungan hilang

Perlu diingat bahwa proses pengurusan buku tabungan yang hilang biasanya melalui cabang di mana kamu membuka rekening.

Namun, sebelum melangkah kaki ke bank yang kamu tuju, ada beberapa berkas wajib yang harus dipersiapkan sebagai syarat mengurus buku tabungan yang hilang.

Berikut beberapa berkas yang biasanya wajib dibawa saat mengurus buku tabungan yang hilang:

  • Surat Kehilangan
  • KTP/SIM atau Paspor
  • Kartu ATM/ Debit Card

Untuk poin pertama, surat kehilangan harus dibuat di kepolisian di lokasi kamu kehilangan buku tabungan tersebut. Namun, buat kamu nasabah BCA, syarat pertama ini tidak diperlukan sehingga prosesnya bisa diselesaikan dengan lebih mudah.
Ini 5 langkah mengurus buku tabungan yang hilang

Sebagai seorang nasabah tabungan, kamu akan diberikan buku tabungan untuk mencetak riwayat transaksi keuangan.

Bagi kamu yang mengalami kehilangan buku tabungan, segera urus dengan menempuh lima langkah berikut.
1. Menghubungi customer service bank

Untuk mendapatkan respons tercepat, kamu bisa melaporkannya kepada bank via telepon. Dengan begitu, customer service bank bisa langsung membuat langkah antisipasi jika terdapat penyalahgunaan.

Customer service bank akan memblokir penggunaan buku tabungan agar tidak bisa diproses untuk transaksi apa pun sehingga uang kamu tetap aman dan tidak berkurang.
2. Melaporkan ke kepolisian terdekat

Sebagai bagian dari pelaporan buku tabungan yang hilang, kamu harus melaporkannya juga ke kantor polisi. Sesampainya di kantor polisi, ceritakan kejadian yang dialami perihal buku tabungan kamu yang hilang.

Setelah itu, kepolisian akan mengeluarkan surat keterangan yang merupakan menjadi persyaratan untuk membuat buku tabungan yang baru di bank.
3. Datang ke kantor bank terdekat

Setelah memiliki surat keterangan dari polisi, kamu bisa mendatangi kantor bank terdekat. Namun demikian, kamu sebaiknya pergi ke cabang yang menerbitkan buku tabungan sebagaimana akan ditandatangani oleh pejabat bank yang dahulu mengesahkannya.

Selain membawa surat keterangan dari kepolisian, kamu juga harus membawa KTP/SIM dan kartu ATM. Hal ini bertujuan demi memudahkan bank menerbitkan buku tabungan yang baru. Nah, bagi Anda yang ingin membuka rekening mandiri syariah online bisa kesini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *