Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena PHK
By: Date: September 10, 2020 Categories: Uncategorized

jasa pembuatan aplikasi android tangerang selatanBuka Rekening Mandiri Syariah – Saat terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), setiap karyawan berhak untuk mendapatkan pesangon.

Bahkan, perihal pesangon sendiri telah ditetapkan berdasarkan pasal 156 ayat 2 undang-undang No.13 Tahun 2003.

Nantinya, uang pesangon bisa menjadi sumber dana yang dapat dipakai untuk membiayai hidup setelah terkena PHK, ketika tidak berpenghasilan.

Biasanya, pesangon yang didapatkan berjumlah besar, apalagi jika karyawannya sudah bekerja bertahun-tahun.

Maka dari itu, sebaiknya uang pesangon yang ada diatur dengan baik supaya bisa dipakai sumber kehidupan dan sebagai modal selagi kamu mencari pekerjaan baru.

Karena ke depannya kamu akan bergantung dengan dana ini, yuk cari tahu bagaimana cara mengatur uang pesangon dengan baik!

 Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena PHK

  • Ketahui Aset yang Dimiliki

Sebelum membahas cara mengelola uang pesangon lebih jauh, kamu harus menghitun kembali aset yang kamu punya.

Kamu bisa membuat daftar aset-aset liquid yang kamu miliki seperti jumlah tabungan, dana darurat dan uang pesangon itu sendiri. Jangan lupa untuk memasukan aset investasi yang kamu miliki.

Jadi tidak hanya uang pesangon, tapi total aset-aset yang kamu miliki ini, bisa menjadi sumber dana selama kamu belum mendapat pekerjaan baru.

Maka dari itu, penting hukumnya untuk memiliki dana darurat berupa aset likuid (aset yang mudah dicairkan), karena kita tidak pernah tahu hal-hal tak terduga yang akan terjadi di masa depan.

Jika terjadi hal tak diinginkan, tentu tidak akan terlau mengganggu finansial kita.

  • Mencatat Pengeluaran Harian

Mencatat seluruh pengeluaran yang kamu lakukan setiap harinya memang terdengar merepotkan dan melelahkan, tetapi hal ini bisa menjadi cara mengelola uang pesangon yang efektif, lho.

Dengan melakukan hal ini dengan disiplin, kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukukan pengeluaran.

Sebagai saran, karena sekarang sudah zaman digital, banyak kok aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis untuk membantu dalam mencatat pengeluaran.

  • Bijaksana Dalam Melunasi Hutang

Memang, saat ini kamu sedang memiliki banyak dana dari hasil pesangon, tapi bukan berarti kamu menggunakannya untuk melunasi hutang semuanya.

Walaupun mungkin kamu takut hutang tidak terlunasi, tapi ketahuilah bawah melunasi hutang tidak selalu jadi cara terbaik untuk ringankan bebas setelah kena PHK.

Jika salah perhitungan, setelah melunasi hutang, besar kemungkinan kamu akan berhutang kembali.

Cara paling bijaksana mengatasi hutang di kondisi seperti ini, cobalah untuk mengajukan rekturisasi atau memperpanjang waktu pelunasan sehingga cicilan dapat lebih kecil.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjual aset yang dicicil seperti kendaraan.

  • Hilangkan Pengeluaran

Mulai kurangi dan hilangkan anggaran entertainment yang kamu miliki. Tapi jika dinilai terlalu berat, kamu bisa mengurangi sebagiannya saja terlebih dahulu.

Kamu juga harus berusaha mengubah gaya hidup, misalnya jika kamu setiap hari membeli kopi sehargaRp50,000 sehari, cobalah untuk membuat kopi saja dari rumah.

Tak hanya itu, jika kamu memiliki beberapa jenis produk asuransi, sebaiknya ditutup dulu sebagian dan sisakan asuransi kesehatan karena itu penting di mobile banking Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *